Berbagi informasi tentang Information technology (IT) ,Android, Tentang kesehatan dan berita tentang islam

Cara mengatasi Hp android yang lemot

Semua orang ketika pertama kali membeli hp android akan terpesona dengan kinerja android yang begitu cepat, dan daya tahan batterai android yang bisa tahan lama ketika pertama kali membeli hp android. 
Smartphone android bisa melakukan apa saja yang diperintah pemiliknya. Mulai dari browser di internet, foto, musik, email, game online, chatting di media sosisal, dan bisa mendengarkan musik. Bahkan ada istilah semua orang bisa melukakan apa saja dengan smartphone android dan sekarang semua orang memilih smartphone android sebagai hp Gadget terfavorit. 

https://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/11/cara-mengetasi-hp-android-yang-lemot.html

Walaupun smartphone android banyak keunggulan tapi perlu di ingat tidak ada barang yang sempurna, pasti ada kelemahannya, seiring berjalanannya waktu smartphone android kinearjanya akan semakin lambat atau lemot, bahkan sistem ada yang eror.

Sebelum membahas cara nya mengatasi smartphone android yang lemot, belih baik membahas lebih dahulu penyebab smartphone android menjadi lambat atau lemot.

Berikut penyebab mengapa smartphone android menjadi lambat atau lemot 

1. Spesifikasi smartphone android  kurang memadai
Smartphone android itu spesifikasinya beda-beda, ada yang spesifikasi smartphone android high (tinggi ) dan ada pula spesifikasinya biasa saja, tapi kebanyakan spesifikasi smartphone yang biasa saja terkadang ada banyak kendala. Salah satu kendala nya adalah lemot, berat dan lag, apalagi kalau menginstal aplikasi yang berat dan aplikasi yang running atau berjalan juga banyak, itu membuat smartphone menjadi lemot atau lag.  Kapasitas RAM sangat penting, kalau RAM nya kecil lebih baik menginstal aplikasi yang ringan saja.

2. Banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar
  Aplikasi yang sering berjalan di belakang layar adalah aplikasi sosial media seperti facebook, line, whatsapp, Bbm, instragram dan Wechat. Jika smartphone yang RAM kurang dari 1 GB, dan semua aplikasi media sosial running atau berjalan semua, smartphone akan menjadi lebih berat dan lemot, beda kalau RAM nya di atas 1 GB, ketika semua aplikasi berjalan di belakang layar tidak menjadi masalah.

3. Widget yang berlebihan  
Widget yang terlalu banyak dipasang akan membuat smartphone android menjadi lemot atau berat, Widget memang membuat tampilan smartphone menjadi keren atau menarik, akan tetapi kalau teralalu banyak pasang widget di smartphone android akan menguras kapasitas RAM, apalagi smartphone yang RAM nya kurang dari 1 GB, itu akan memeratkan kinerja RAM.

4. Tumpukan cache yang tidak pernah di hapus 
Pada dasarnya file cache dapat mempercepat kinerja Android saat sedang membuka aplikasi, karena history sangat membantu kinerja android, tapi kelemahan ketika file cache menumpuk dan tidak pernah di hapus, akan membuat kinerja android menjadi lemot dan bisa aplikasi yang sedang dibuka tiba-tiba force close sendiri.


5. Terlalu banyak menginstal aplikasi  
Banyaknya aplikasi yang di instal juga mempengaruhi kinerja android, karena semakin banyak menginstal aplikasi, maka memori internal akan semakin menipis, apalagi menginstal aplikasi yang filenya besar, itu akan membuat memori internal habis dan android pun menjadi lemot bahkan lag, karena memori internal juga mempengaruhi kinerja android,  kecuali kalau memori internalnya banyak, tidak masalah menginstal banyak aplikasi, yang terpenting menginstal aplikasi sesuaikan dengan kapasitas memori internal.

Demikian penyebab kenapa smartphone androiod menjadi lemot, sekarang membahas cara mengatasi smartphone android yang lemot.

Berikut ini cara mengatasi smartphone android yang lemot :  

1. Menutup aplikasi dan bebaskan RAM
Ketika membuka aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasi yang seblumnya akan berdampak buruk pada kecepatan smartphone android. 
Multitasking memang  memudahkan para pengguna smartphone android untuk beralih dari aplikasi satu ke aplikasi yang lainnya, akan tetapi multitasking akan membuat kinerja android menjadi lemot. 
Solusi nya adalah menutup aplikasi yang berjalan, barulah membuka aplikasi yang baru.

2. Matikan animasi pada layar  
Layar hp android ketika banyak animasi, itu salah satu faktor kenapa smartphone android menjadi lemot, solusi yang satu ini adalah dengan me non aktifkan animasi pada layar hp smartphone.

Berikut ini cara me non aktifkan animasi pada layar hp smartphone :
  • Masuk ke pengaturan, gulir ke bawah, pilih about phone
  • Cari sotfware information dan pilih nomer pembentukan atau built number dan tekan tujuh kali sampai terlihat dilayar hp smartphone ada tulisan " Developer options telah di aktifkan"
  • Kemudian kembali ke pengaturan dan pilih opsi pengembangan 
  • Kemudian gulir ke bawah dan cari skala animasi jendela dan set ke "off "
  • Dan yang terakir tekan skala durasi animator dan set ke "off"   
3. Restart smartphone android
Langkah Restart smartphone android juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi hp android yang lemot, karena cara ini mempengaruhi kinerja android. Dengan cara restart, otomatis akan membersikan cache yang tersimpan dengan sendirinya. Dan juga akan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan. Dengan begitu hp android akan kembali normal lagi.

4. Kurangi widget 
Terlalu banyak widget akan mempengaruhi kinerja android, dan kinerja android akan menjadi lemot dan lag. Karena pada saat data aktif, semua widget akan berjalan secara bersamaan.
Contohnya ketika memasang widget cuaca dan widget facebook di layar home. Saat data aktif maka widget cuaca akan memperbaruhi cuaca terkini dan Widget facebook akan memperbaruhi status hari ini. Ketika ke dua widget ini berjalan secara bersamaan, maka otomatis RAM yang dipakai akan menjadi besar dan kinerja android akan menjadi lemot. Apalagi kalau kapasitas RAM nya di bawah 1 GB, itu akan membuat kinerja android menjadi lemot. Solusinya adalah mengurangi Widget ada yang di layar home.

5. Hapus file yang tersimpan di memory internal android ketika memory internal android penuh. 
Ketika memory internal sudah penuh, itu akan mempengaruhi kinerja android, dan akan menjadi lemot jika memory internal sudah penuh tapi tidak dihapus. Solusinya adalah hapus aplikasi yang tidak penting dan jengan banyak mendownload aplikasi, Download lah aplikasi yang penting-penting aja, kalau file foto dan musik, lebih baik pindah aja ke memory eksternal atau micro sd.
Masalah terbesar nya ketika memory internal android sudah penuh, maka akan terjadi eror pada android, lebih aman nya, jangan sampai memory internal android penuh.

6. Pindahkan aplikasi ke SD card
Memindahkan aplikasi ke Sd card juga bisa mengatasi android yang lemot, jika memory internal sudah hampir penuh, lebih baik aplikasi pindah ke SD Card. Tapi tidak semua aplikasi bisa di pindahkan ke SD card.


Demikian artikel tentang cara mengatasi Hp android yang lemot, semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mengatasi Hp android yang lemot. 

Related : Cara mengatasi Hp android yang lemot

0 Komentar untuk "Cara mengatasi Hp android yang lemot "

Artikel Terpopuler