Berbagi informasi tentang Information technology (IT) ,Android, Tentang kesehatan dan berita tentang islam

manfaat islam mengatur segala kehidupan


Manfaat islam mengatur segla kehidupan, Kehidupan ini indah dan kita bisa bahagia dunia dan akirat bila kita mengikuti aturan-aturan islam , hukum islam dan al-qur'an ,,,, Allah swt menjamin kepada setiap manusia yang selalu bersyukur dan menaati Al-qur'an akan bahagia dunia dan akirat tanpa memandang status manusia itu.




Islam, tentunya tidak hanya menyangkut masalah hubungan kita dengan Allah (habluminallah), namun juga menyangkut hubungan kita dengan sesama manusia (habluminannas) dan lingkungan. Dalam hubungan kita dengan Allah, kita mengenal yang namanya ibadah Mahdah contohnya :
seperti salat, zakat, puasa, dls. Dewasa ini, masyarakat kebanyakan sering mengartikan bahwa Islam itu hanya mengurus masalah ibadah kepada Allah saja yaitu ibadah Mahdah tadi dan Islam tidak berhak mencampuri aspek kehidupan yang lain selain ibadah Mahdah tadi. Jadilah kerangka berpikir bahwa Islam terbatas pada sekedar berbicara masalah ibadah-ibadah Mahdah saja. Bahkan ada anggapan bahwa Allah hanya mengawasi makhluk-Nya saat berada di dalam rumah ibadah saja, selebihnya ketika berada di luar rumah ibadah tersebut maka Allah seolah-olah tidak ada saat itu.

Islam itu mengatur seluruh aspek kehidupan manusia dari yang paling kecil hingga paling besar, dari paling sederhana hingga paling rumit bahkan dari manusia bangun tidur sampai tidur lagi. Banyak sekali bukti dari dalil yang ada di Al-Qur’an dan Hadits bahwa Islam mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Misalnya, Allah berfirman dalam Al-Qur’an :

“Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi, dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi.”(TQS. Al-Muthaffifin [83] : 1-3)

karena itu islam juga mengatur segala aspek kehidupan Tapi di balik semua aturan itu ada hikmah yang belum di ketahui manusia karena  semua itu bermafaat bagi manusia 



Islam Mengatur Seluruh Aspek Kehidupan Manusia tanpa Terkecuali

Islam itu luas, sangat luas mencakup seluruh aspek kehidupan manusia. Tidak ada di dalam kehidupan manusia, hal apapun itu yang lepas dari perhatian  Islam ini. Semuanya selalu diperhatikan oleh Islam, semuanya selalu berhubungan dengan Islam. Islam pun adalah sebuah din yang merupakan rahmat, anugerah bagi seluruh alam bukan hanya untuk orang-orang muslim tapi juga untuk orang-orang non-muslim. Dalam Islam, non-muslim diperbolehkan dan diberi hak untuk beribadah sesuai dengan keyakinannya namun dalam berinteraksi dengan masyarakat khususnya masyarakat muslim maka diharuskan untuk mentaati aturan tertentu dalam Islam. Bahkan dalam Islam pun, orang-orang non-muslim dilindungi oleh Islam itu sendiri. Ini lah sedikit bukti bahwa Islam tidak hanya milik orang muslim tapi juga milik seluruh orang ( rahmatan lil alamin ).

Dalam Al-Qur’an, Hadits serta Ijma sahabat ditambah lagi dengan apa-apa yang dicontohkan oleh Rasulullah melalui lisan dan perbuatan beliau sudah sangat jelas bahwa Islam itu mengatur seluruh aspek kehidupan manusia misalnya seperti masalah muamalah, pergaulan, ekonomi, politik, sosial, perang (jihad), interaksi dengan non-muslim, dls. Islam punya aturan dan batasan tertentu akan hal-hal tersebut yang tidak boleh dilanggar baik oleh muslim dan non-muslim. Fakta sejarah dan realita telah membuktikan dan menyampaikan kepada kita bahwa orang-orang muslim dan non-muslim bisa hidup berdampingan dengan tenang dan damai bahkan sejahtera di bawah aturan Islam ini.

Manfaat islam mengatur segala kehidupan, Memang aturan Islam mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Misalnya dalam hal pergaulan, Islam melarang kita untuk mendekati zina sesuai dengan firman Allah :

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”(TQS. Al-Isra [17] : 32)

Islam mengatur kehidupan manusia mulai dari bangun tidur dan akan tidur kembali. Karena Allah Swt lah yang tahu persis kebutuhan dan mafaat bagi manusia.

Semoga artikel Manfaat islam mengatur segala kehidupan, bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga :
* Wanita dalam pandangan islam
* Tubuh, Pikiran dan emosi pun Amanah dari Allah
* Istri Solehah
* Hikmah Silahturahmi

Related : manfaat islam mengatur segala kehidupan

Artikel Terpopuler