Berbagi informasi tentang Information technology (IT) ,Android, Tentang kesehatan dan berita tentang islam

Berhenti merokok

Berhenti merokok, Sebelum membahas cara berhenti merokok, kita lebih dulu membahas kenapa orang-orang sering menyandu rokok? mereka bingung kalau habis makan tidak ada rokok, sebagian orang mengganggap ini sebagai sugesti dan sebagian orang lain menggapkan kebiasaan,, karena suka melukakn sesuatu karena kebiasaan. Orang pecandu rokok berawal dari temen nya yang suka rokok terus dia ikut-ikutan rokok atau iseng menghisap rokok mulai dari 1 batang sampai 1 bungkus. Apalagi pas ada kopi pasti maunya ada rokok.


http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2016/01/berhenti-merokok.html

Okay,sekarang kita membahas cara berhenti merokok, kerana kalau tidak usaha,tidak akan berhasil, jangan di mulut doang tapi wujud nyata.
sebelumnya minta maaf artikel ini, bukan kampaye anti rokok,, maaf kalau ada kata-kata yang meyinggung, artikel ini hanya mencoba memberi informasi untuk orang yang ingin berhenti merokok dan menjauhi nikotin, artikel ini semoga bisa membantu anda.
Di bawah ini adalah cara untuk berhenti merokok untuk orang yang pecandu rokok.  

1. Carilah dukungan orang untuk berhententi merokok
Biarlah keluarga dan temen-temen tahu  keputusan anda untuk berhenti merokok. Karena anda tidak akan bisa berhasil tanpa ada bantuan orang lain dan orang yang salalu mengingatkan bahwa anda tentang target anda berhenti merokok. Minta lah solusi kepada keluarga dan temen-temen tentang berhenti merokok dan informasi tentang hidup sehat tanpa rokok. Ini juga sangat penting, mintalah kepada temen-temen yang masih menyandu rokok untuk tidak merokok di depan anda dan tidak meninggalkan rokok di setikar anda.

2. Tetapkan target waktu
Tetapkan target waktu selama 2-3 minggu dimulai saat anda mengambil keputusan untuk berhenti merokok. Pastikan bahwa periode ini tidak bertepatan dengan kondisi stress yang mungkin akan anda alami agar usaha anda berhenti merokok lebih mudah untuk dijalani. Cobalah untuk secara bertahap mengurangi jumlah rokok yang anda hisap dalam beberapa minggu mendatang sampai akhirnya anda berhenti sama sekali pada target waktu yang sudah anda tetapkan.


3. Buat jadwal
Atur jadwal tertentu, yang tidak terlalu ketat atau terlalu pendek durasinya, untuk mentoleransi kemungkinan terjadinya “pelanggaran”, dimana anda memiliki keinginan yang kuat untuk merokok dan jangan kecewa jika anda tidak berhasil melakukannya dalam tiga hari pertama. Teruslah berusaha. Sedikit orang yang berhasil pada percobaan pertama mereka.

4. Melakuakan kegiatan yang positif 
Untuk berhenti merokok perlu juga kegiatan yang positif jangan menggagur di rumah atau di kos,, soalnya kalau keadaan mengganggur pasti bosan dan bosan mengakibatkan orang untuk menghisap rokok,, karena tidak ada kegiatan yang lainnya. coba keluar dan diskusi sama temen tentang kegiatan positif.

5. Menghindari stress yang berlebih saat kerja maupun pas ada masalah
Kebanyakan orang ketika stress solusi yang tepat adalah menghisap rokok padahal cara ini juga membahayakan bagi dirinya sendiri, kalau anda punya masalah atau stress cobalah curhat pada temen atau keluarga tanpa menghisap rokok terlebih dahulu dan mencurahkan isi hati kepada temen-temen yang tidak merokok karena percuma kalau anda ngomong tentang masalah anda kepada temen-temen yang masih menyandu rokok pasti anda juga di ajak menghisap rokok.

6. Carilah kesibukan
Terutama di hari-hari awal anda mencoba, carilah kesibukan dengan hal-hal yang anda sukai dan cobalah untuk tidak meninggalkan banyak waktu untuk menyendiri sehingga terpikir keinginan untuk merokok. Juga, cobalah untuk mengalihkan keinginan tersebut dalam kegiatan yang intens, misalnya dengan melakukan beberapa kegiatan olahraga, berjalan atau bersepeda.

7. Menghindari begadang 
Cobalah untuk tidak begadang tiap hari yang biasanya anda lakukan, karena tubuh dan jiwa menjadi lelah karena upaya untuk berhenti merokok, sehigga membutuhkan istirahat, di samping itu tidak begadang adalah solusi untuk tidak memikirkan rokok. kalau begadang anda akan selalu berfikir untuk merokok apalagi kalau ada kopi pas begadang.

8. Seringlah minum air putih
Cobalah untuk minum lebih banyak air putih. Air putih bisa membantu dalam menghilangkan racun dari merokok yang telah terakumulasi dalam tubuh anda lebih cepat, sekaligus mengurangi keinginan anda untuk merokok.

9. Kunjungi tempat tanpa asap rokok
Cobalah untuk menghabiskan berjam-jam sehari di tempat dimana merokok tidak diperbolehkan, seperti perpustakaan atau toko buku. Jika anda mengambil istirahat untuk duduk minum kopi bersama teman-teman, pilihlah non-smoking area.

10. Buatlah tangan anda sibuk melakukan aktifitas 
  buatlah tangan anda sibuk, karena alasan orang-orang yang tetep merokok adalah karena kebiasaan merokok mereka terhubungan dengan apa yang mereka lakukan dengan tangan mereka. Buatlah tangan anda memgang apa saja, kecuali rokok seperti memagang pena, secarik kertas, di sibukan dengan menulis sesuatu di kertas dan mengetik artikel yang bermanfaat. 

11. Hindari godaan merokok setelah makan
Kebanyakan perokok cenderung untuk merokok segera setelah makan. Berdiri segera dari meja anda setelah makan untuk sikat gigi atau berjalan-jalan. Cobalah untuk tidak masuk ke dalam godaan merokok.


12. Saat menganggur atau tidak ada kegiatan jangan sekali-kali iseng menghisap rokok 1 batang
Cobalah untuk menahan godaan untuk merokok “hanya satu batang”. Hal ini untuk memastikan bahwa sekali anda merokok satu batang saja maka anda akan merusak usaha anda untuk berhenti merokok, karena rokok berikutnya akan segera mengikuti.

13. Cobalah mencari pengganti nikotin 
Jika anda susah berhenti merokok cobalah cari pengganti nikotin atau rokok dengan cara cari permen karet atau cari cemilan yang sehat  untuk menyibukan mulut untuk lupa terhadap rokok.

14. Cobalah berpikir manfaat tidak merokok bagi kehidupan anda
Jangan berpikir kalau anda merokok terus hidup anda tenang dan tidak stress lagi, tapi cobalah berpikir manfaat juah lebih baik dari pada merokok.

15.  Berdoalah kepada Allah Swt
Habis berusaha kita wajib berdoa kepada Allah Swt yang menciptakan kita, karena Allah lah yang menentukan hasil dari usaha kita, semua usaha manusia sudah di akur Allah swt, kita sebagai manusia wajib untuk berusaha.

 Artikel ini tentang cara berhenti merokok bagi orang yang ingin menjauhi bahaya nikotin, semoga artikel ini bisa bermafaat bagi anda dan bisa berhenti merokok.  Good Luck

Related : Berhenti merokok

Artikel Terpopuler