Berbagi informasi tentang Information technology (IT) ,Android, Tentang kesehatan dan berita tentang islam

Cara perawatan komputer

Cara perawatan komputer, mempunyai komputer sendiri di rumah memang menyenangkan, kita bisa main game di komputer juga bisa, browsing juga bisa, segala bisa di lakukan di komputer, akan tetapi komputer juga perlu perawatan, kalau tidak pandai dalam perawatan komputer, suatu saat akan kesulitan jika komputer dalam kondisi tidak normal atau dalam keadaan rusak, entah itu gara-gara hardisk atau pun RAM yang kotor terkena debu. Berikut ini cara dan alat untuk perawatan komputer.
http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/08/cara-perawatan-komputer.html

Alat dan bahan untuk perwatan komputer 
(1) Penyedot debu mini
(2) Kain kering atau tisu
(3) Cairan pembersih
(4) Disk cleaner
(5) CD cleaner
(6) Obeng
(7) Tang
(8) Kuas

Alat dan bahan untuk perawatn komputer sudah komplet, sekarang tinggal cara perawatan komputer.

(1) Casing
Casing dapat diibaratkan dengan bangunan rumah dari sebuah komputer, sehingga kekuatan dan keindahan komputer secara fisik terletak pada casing komputer. Pada casing komputer biasanya terdapat power supply, fan dan led indikator beserta saklar atau tombol-tombol power dan riset. Permasalahan yang sering terjadi dalam casing komputer adalah debu yang terbawa oleh fan casing komputer itu sendiri atau sarang serangga. Kotoran tersebut selain mengganggu keindahan juga dapat berdampak jelek pada fan dan komponen yang lain pada motherboard.

http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/08/cara-perawatan-komputer.html

(2) Floppy drive 
Floopy drive atau disk drive merupakan komponen yang digunakan untuk penggerak floppy atau disket sebagai media penyimpan data.

Untuk perawatan Floppy drive, langkah-langkahnya sebagai berikut :
(a) Operasikan sistem komputer
(b) Masukan disk cleaner yang telah di beri cairan pembersih ke drive A.
(c) Pilih Drive A : Sehingga komputer akan membaca drive A. Karena piringan disket di ganti dengan kertas tisu yang diberi cairan pembersih maka head akan tersentuh oleh tisu tersebut sehingga akan membersihkan head dari kotoran debu atau kotoran yang lain.

http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/08/cara-perawatan-komputer.html


(3) CD-Rom dan CD-Rw 
CD-Rom dan CD-Rw merupakan alat yang umum yang digunakan saat ini untuk membaca dan menulis data ke CD. CD-Rom dan CD-Rw merupakan komponen yang sangat murah dibandingan dengan data yang dapat disimpannya. Masalah yang sering menggangu pada CD-Rom dan CD-Rw, terletak pada optik atau lensanya. Langkah yang digunakan untuk membersihkan optik atau lensa dari debu atau kotoran yang lain adalah dengan menggunakan CD cleaner. Prinsip kerja dari CD cleaner mirip dengan disk cleaner, hanya bentuknya saja yang berbeda.

Langkah-langkah untuk membersihkan CD-Rom dan CD-Rw adalah sebagai berikut :
(a) Operasikan komputer
(b) Masukan CD cleaner
(c) Cd cleaner akan berputar dan sikat atau sirip yang melekat pada disk atau piringan akan menyikat optic atau lensa pada CD-Rom dan CD-Rw.

http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/08/cara-perawatan-komputer.html


(4) Hard Disk 
Hard Disk merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah komputer, karena sistem operasi dan semua program berserta data-data akan tersimpan di hard disk. Hard disk merupakan barang yang mudah yang mudah rusak. Untuk melakukan perawatan dari sisi hardware dan software.

Untuk perawatn hard disk dari sisi hardware, perlu ditambahkan sebuah fan untuk mengurangi panas pada hard disk. Fan ini sangat direkomendasikan untuk hard disk dengan kecepatan 7200 rpm ke atas. Selain itu perlu diperhatikan pengaturan kabel data agar sirkulasi udara lancar.

Untuk perawatan hard disk dari sisi  software, cukup dengan tool-tool yang telah tersedia ketika menginstal sistem operasi. Tool tersebut meliputi scandisk dan disk defragmenter.  Selain tool tersebut juga terdapat tool yang digunakan untuk melakukan low-level format. Low-level format digunakan untuk melakukan konfirgurasi ulang pada hard disk meliputi  head, cylender dan sector . Low level format merupakan format dari segi fisik. Untuk masin-masing merk hard disk memiliki program tersendiri untuk low level format.  Untuk merek seagete menggunakan SGATFMT4, Quantum menggunakan zerrofill atau zdisk, maxtor dengan mud dan untuk western digital dengan wd_diag.

Scandisk adalah tool yang digunakan untuk memeriksa struktur file sistem. tabel lokasi file atau file allocation table, dan dapat untuk mengetahui apa tidaknya bad sector, Scandisk akan berjalan dengan otomatis setiap start jika komputer tidak dimatikan dengan benar atau terjadi mati listrik.

Disk defragmenter adalah tool yang di gunakan untuk mengatur struktur atau tata letak file sehingga akan mengurangi fragmentasi sebuah space hard disk. Disk defragmenter perlu dilakukan secara berkala, hal ini akan meningkatkan performa sistem dan  hard disk. Berikut cara proses disk defragmenter pada komputer.


http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/08/cara-perawatan-komputer.html




http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/08/cara-perawatan-komputer.html


(5) VGA CARD 
VGA card atau sering disebut display adapter adalah komponen komputer yang difungsikan untuk mengolah grafik untuk ditampilkan ke dalam monitor. masalah yang sering terjadi dalam VGA card adalah panah yang berlebihan, sehingga untuk mengurangi panas yang berlebihan perlu diperhatikan heatsink dan fannya.

sebagai perawatannya perlu dilakukan pembersih dari debu dan kotoran yang lainnya. Untuk membersihkakn fan dan heatsink cukup dengan kuas kecil fan pada VGA card nya juga kecil sehingga harus disesuaikan dengan ukuran fannya. Selain itu VGA card sering bermasalah pada fan yang berisik atau berbunyi dengan keras. Masalah ini bersumber pada fan yang tidak kencang atau putaran fan tidak stabil . Selain itu juga dapat disebabkan dudukan fan yang tidak kuat sehingga tidak dapat menompang fan yang baik. Untuk mengatasi hal yang ini dapat dilakukan dengan membersihkan dan mengencangkan posisi fan dengan tepat sesuai dengan posisinya.

http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/08/cara-perawatan-komputer.html

(6) RAM 
RAM merupakan komponen primer dalam sebuah komputer. RAM bertindak sebagai media penyimpan sementara pada sistem. Besar atau kecilnya kapasitas RAM tergantung dari kebutuhan sistem yang digunakan oleh program. Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat dan stabil program tersebut dijalankan.  Masalah RAM yang sering terjadi adalah gangguan yang terletak pada konektor atau kaki-kaki RAM, dimana jika RAM sering dilepas dan tersentuh oleh tangan dapat menyebabkan korosi bahkan RAM dapat rusak akitbat listrik statis.

http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/08/cara-perawatan-komputer.html

Untuk membersikan RAM dari korosi akibat sentuhan tangan dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih atau cukup dengan kare penghapus dengan cara menggosokan pada kaki RAM. Selain itu juga diperhatikan pemasangan pada slot RAM, perlu dipastikan RAM tertancap dengan sempurna karena kalau RAM tidak tertancap dengan sempurna, RAM tidak akan terdeteksi di komputer.

(7) Power supply 
Power supply merupakan jantung dari komputer, karena sumber daya listrik dari komponen komputer disupply dari power supply. Power supply berfungsi mengubah arus AC menjadi arus DC untuk didistribusikan ke berbagai macam komponen pada kompute. Daya power supply berkisar 150 watt sampai 350 watt.

http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/08/cara-perawatan-komputer.html

Perawatan yang perlu dilakukan untuk merawat power supply adalah dengan cara memperhatikan kelancaran fan pada power supply. Karena fan inilah yang mampu mengurangi panas power supply. Selain itu perlu ditambahkan sebuah alat yang sering disebut stabilizer tegangan, karena dengan alat ini akan meringankan kinerja dari power supply sehingga mengurangi panas yang dikeluarkan oleh power supply .

(8) CPU ( Cental Processing Unit )
Komponen ini merupakan otak dari komputer, kecepatan dan kecerdasan prosessor tergantung dari kecepatannya  ( dalam satuan hz ). Kecepatan prosessor sangat berkembang dengan kecepatan samai saat ini sudah mencapai 3.04 Ghz.

http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/08/cara-perawatan-komputer.html


Untuk perawatan pada prosessor adalah dengan memperhatikan tatat letak fan sehingga udara dapat berputar dengan lancar.  Kemudian perlu dipilih fan prosessor dengan putaran yang tinggi  ( Minimal 5400 rpm ) dan juga perlu dipilih heatsink dengan bahan pengantar panas yang baik, seperti tembaga dan alumunium. Jika sering melepas prosessor jangan lupa untuk selalu mengoleskan silicon grease agar penghantar panas lebih lancar.

(9) Motherboard 
Motherboard merupakan tempat dari semua komponen komputer terpasang. Motherboad digunakan untuk menghubungkan antara komponen yang satu dengan komponen yang lain. Antara motherboard yang satu dengan yang lain berbeda tergantung dari chipset yang digunakan dalam motherboard tersebut. Fitur yang di tawarkan oleh Motherboard sangat beragam mulai dari soundcard on board, LAN on board, VGA on board dan masih banyak fitur yang lain. Semakin banyak fitur yang terdapat dalam motherboard maka semakin banyak panas yang dihasilkan motherboard. 


http://healthfreshhappy.blogspot.co.id/2017/08/cara-perawatan-komputer.html

Untuk perawatan motherboard adalah dengan cara menjaga suhu dari motherboard yaitu dengan memperlancar sirkulasi udara pada sistem. Karena motherboard tempat tersambungnya berbagai komponen maka kabel-kabel yang tersambung perlu diikat dengan pengikat kabel, selain akan menambah rapi juga akan membuat sirkulasi udara pada motherborad menjadi lancar.

Untuk gangguan dari debu dan sarang serangga cukup dibersihkan dengan kuas atau penyedot debu mini dengan menyesuaikan ukuran sikat pada sudut yang sempit dan jangan sampai mengganggu komponen yang terpasang, seperti RAM dan Prosessor.


Demikian cara perawatan komputer dengan benar, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, selamat mencoba.

Related : Cara perawatan komputer

3 Komentar untuk "Cara perawatan komputer "

Artikel Terpopuler