Berbagi informasi tentang Information technology (IT) ,Android, Tentang kesehatan dan berita tentang islam

Makanan sehat

Orang yang ingin hidupnya sehat, jarang terkena penyakit dan bisa menjaga stamina tubuh, orang ini akan malakukan berbagai macam cara, karena tak cuma olahraga saja yang menentukan kesehatan tubuh manusia tapi juga faktor makanan. yang di komsumsi juga sangat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia, oleh karena jangan asal mengkonsumsi makanan, harus di cek terlebih dahulu zat kandung yang ada di dalam makanan, kalau tak ingiin terkena segala penyakit, karena kebanyakan orang kena penyakit itu berasal dari makanan, maka dari itu jangan asal-asal lan  memilih makanan, harus memperhatikan makanan yang di konsumsi. 
Sebelum membahas makanan apa saja yang sehat dan tidak mengadung zat bahaya, lebih baik membahas ciri-ciri makanan yang sehat dan bermafaat bagi tubuh .
berikut ini adalah ciri-ciri makanan sehat dan bergizi :

1.Makanan sehat adalah makanan yang bebas dari bahan bahaya, mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh
2. Dalam makanan tidak ada zat perwarna yang berlebih
3. Di dalam makanan tidak ada bahan pengawet
4. Di dalam mekanan mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral penting bagi kebutuhan tubuh.
5. Makanan yang tidak menggunakan minyak yang bekas atau miyak lama tidak mengganti yang baru, karena minyak yang bekas akan menimbulkan beberapa penyakit.

Sekarang mambahas makanan apa saja yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh manusia.
Makanan-makanan yang sehat sebagai berikut .

1. Daging 
Jenis makanan daging banyak di jumpai dimana-mana di pasar maupun di supermarket,  karena daging mengandung banyak protein tinggi, contoh daging yang mengandung protein tinggi adalah daging ikan, dada ayam, daging domba muda dan daging sapi.


2. Ikan Tuna 
Ikan tuna  merupakan jenis ikan laut yang memiliki daging yang berwarna merah dan putih. Ikan ini meruakan penghasil yang baik untuk asam omega 3. Selain itu ikan tuna banyak mengandung protein yang tinggi, dari 100 gram ikan tuna bisa menghasilkan 29 g protein.

3. Keju 
Keju adalah makanan yang bahan bakunya dari susu dan di bentuk berbagai macam. Kandungan protein yang di kandung keju adalah 200 mg kalsium yang bermafaat bagi tubuh.


4. Telur 
Telur merupakan salah makanan yang mangandung protein yang tinggi, kandungan yang ada di dalam terlu mudah di cerna. Di dalam telur juga tidak ada zat unsur lemak jenuh, sehingga bisa mendapat protein ketika mengkonsumsi telur dan juga kandungan kalori di dalam telur juga rendah.


5.  Gandum 
Gandum merupakan makanan yang banyak mengandung protein kacang, protein dalam gandung hampir setara dengan kedelai.

6. Pisang 
 Pisang juga makanan yang bermanfaat bagi tubuh dan juga banyak vitamin yang di kandung dalam makanan pisang.

7. Beras
Beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat dunia salah satunya indonesia, negara bagian asia contoh nya jepang, 9 negara amerika di utara dan benua afrika. Karena beras yang mangandung gizi yang bermanfaat buat energi manusia.

8. Kentang 
 Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang banyak mengandung banyak banyak vitamin dan mineral. Kentang juga bermanfaat untuk penambah darah dan menurunkan kolesterol.


9. Apel 
Apel merupakan kelompok buah-buhan yang mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, vatamin yang tekandung dalam apel adalah vitamin A dan vitamin C.  Selain vitamin apel juga mangandung nutrisi lain seperti kalsium dan potasium.

10. Lemon 
Buah lemon merupakan buah yang kaya dengan vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh dan mejaga sistem kekebalan tubuh dari beberapa penyakit.

11. Bayam
 Bayam merupakan jenis sayuran yang kaya dengan zat besi dan kalsium, yang terbukti sangat baik untuk tulang dan kesehatan gigi.

12. kacang hijau
Kacang juga mengandung protein dan vitamin, kacang hijau juga kaya dengan serat.

13. Brokoli 
Brokoli merupakan jenis sayuran yang banyak vitamin, vitamin yang di kandung brokoli adalah vitamin K dan vitamin C.

14. Tomat 
Tomat adalah jenis sayuran yang baik untuk tubuh dan tomat menyediakan antioksidan sehingga sangat membantu untuk membangun sisitem kekebalan tubuh.

15. Kedelai 
Kacang keledai merupan jenis kacang yang kaya dengan estrogen dan magnesium dan manfaat kedelai juga untuk mencegah penyakit jantung.

16. Susu 
Susu merupakan makanan yang ideal buat segala macam usia dan susu kaya dengan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, di anjurkan minum susu secara teratur.


Ini lah 16 makanan yang sehat dan bermanfaat bagi kesehatan manusia, sebetulnya masih banyak makanan yang sehat dan bermanfaat yang penting tidak mengandung zat bahaya bagi kesehatan.  Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.  





Related : Makanan sehat

Artikel Terpopuler